Class Canvas
adalah class yang disediakan oleh java untuk melakukan penggambaran objek
geometri, misalnya menggambar garis, kotak, lingkaran dan sebagainya. Java
mendefinisikan class Canvas dengan model abstract sehingga untuk bisa
menggunakannya kita harus menurunkannya menjadi class baru terlebih dahulu,
baru kemudian class baru ini yang digunakan di aplikasi kita.
Class
Canvas tidak bisa digunakan secara langsung. Kita harus membuat class baru
turunan dari Canvas yang berisi instruksi-instruksi penggambaran dengan cara
override method paint(Graphics).
Struktur dasar Class Canvas:
[public |private] class NamaClass extends Canvas
{
public void paint(Graphics g)
{
..instruksi penggambaran ...
}}
Selanjutnya class yang baru kita buat ini
perlu ditambahkan ke dalam class yang bertugas sebagai interface bagi user,
misalnya objek Jframe maupun objek Japplet. Proses penggambaran dilakukan
melalui class Graphics yang akan di jelaskan pada latiihan- latihan berikut
ini.
//Program 2.1
/*Latihan
autor : Lab TI
versi : 12 September 2012 */
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
class Gambar extends Canvas{public void paint(Graphics g){g.drawArc(10,10,getWidth()-20,getHeight()-20,0,200);}}class Layar extends JFrame{private Gambar gambar = new Gambar();public Layar(){super(":: drawArc() ::");setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);setLocation(100,100);setSize(200,150);add(gambar);setVisible(true);}}public class Main1{public static void main(String[] args){new Layar();}}
//Program 2.2
/*Latihanautor : Lab TIversi : 12 September 2012 */import javax.swing.*;import java.awt.*;class Gambar extends Canvas{public void paint(Graphics g){g.drawLine(0,0,getWidth(),getHeight());g.drawLine(getWidth(),0,0,getHeight());}}class Layar extends JFrame{private Gambar gambar = new Gambar();public Layar(){super(":: drawArc() #1 ::");setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);setLocation(100,100);setSize(200,150);add(gambar);setVisible(true);}}public class Main2{public static void main(String[] args){new Layar();}}
//Program 2.3
/*Latihanautor : Lab TIversi : 12 September 2012 */import javax.swing.*;import java.awt.*;class Gambar extends Canvas{public void paint(Graphics g){g.drawOval(0,0,getWidth(),getHeight());}}class Layar extends JFrame{private Gambar gambar = new Gambar();public Layar(){super(":: drawArc() #2::");setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);setLocation(100,100);setSize(200,150);add(gambar);setVisible(true);}}public class Main3{public static void main(String[] args){new Layar();}}
0 komentar
Posting Komentar
Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan