GUI (Graphical User Interface) merupakan tampilan grafis yang
mengandung alat-alat atau komponen-komponen yang memampukan pengguna untuk
melakukan pekerjaan interaktif. GUI (Graphical User Interface) software yang
dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di
tahun 70-an. GUI di kembangkan dengan tujuan pengguna berinteraksi dengan
perangkat keras computer serta memudahkan dalam mengoprasikan sebuah system
operasi (user friendly).
GUI (Graphical User User Interface) berkerja dengan cara setiap komponen, dan
GUI tersebut, diasosiasikan dengan satu atau lebih rutin yang ditulis pengguna
yang dikenal sebagai callback. Eksekusi setiap callback dipicu oleh aksi
tertentu dari pengguna seperti tombol ditekan, klik-an mouse, pemilihan menu
item, atau cursor melewati sebuah komponen. Kita sebagai GUI, yang menyediakan
callback tersebut. Callback merupakan fungsi yang kita tulis dan asosiasikan
dengan sebuah komponen tertentu pada GUI atau dengan GUI itu sendiri. Callback
mengontrol sifat GUI atau komponen dengan melakukan beberapa aksi untuk
merespon kejadian pada komponennya tersebut. Kejadian dapat berupa mouse diklik
pada sebuah push button, pemilihan menu, keyboard ditekan, etc.
GUI atau Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk
mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk
memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat menyebut GUI
sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata. Suatu
software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
Fungsi Java GUI (Graphical User Interface) :
• Menciptakan Layar / Windows
• Menciptakan Komponen grafis
• Mengorganisasikan Komponen pada ruang kerja frame window
• Memberikan properti, event, dan respon pada window ataupun komponen
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class):
- Koordinat GUI
- AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
- Swing Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
- Event Handler Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
Pengembangan Aplikasi dengan GUI
Dalam merancang GUI, kita sering
dihadapkan pada kejenuhan. Hal ini disebabkan karena kita mengalami kebuntuan
IDE dalam merancang GUI. Satu hal yang perlu di igat bahwa merancang GUI
(Terutama dalam Java) membutuhkan Imajinasi yang cukup tinggi, oleh karena itu
diperlukan langkah-langkah perancangan dalam merancang GUI dalam aplikasi java
yang kita buat. Yang paling utama, kita harus mengetahui kebutuhan/keinginan
client akan program yang akan dibuat (Warna, tema, dll). hal ini dilakukan
untuk menyesuaikan antara kebutuhan dan keinginan client dengan aplikasi. tapi
ingat, jangan biarkan mereka mendikte kita dengan program yang akan kita buat
(Tanyakan keinginan Client, tapi jangan biarkan Client Mendesain Aplikasinya).
Tanyakan saja hal-hal yang kira-kira perlu diketahui (Warna, tema, dll).
Selanjutnya, dalam mendesain GUI, sebelum membuat/merancang GUI pada IDE
(Netbeans, Eclipse, Dll), Buat Dulu Sketsa dari GUI yang akan dibuat. Ini
penting agar tidak terjadi kebuntuan dalam merancang GUI Aplikasi. Wah repot
donk??, gak juga, karena selain memudahkan dalam merancang GUI, sketsa ini juga
sangat berguna dalam mendokumentasikan aplikasi yang dibuat. Romain Guy dalam
presentasinya pernah menyatakan "Semakin cepat kita mulai membuat (meng-koding)
aplikasi semakin lama aplikasi selesai". Study Kasusnya adalah kita akan
membuat GUI untuk Login Pengguna, maka sebelum membuat Login pengguna di IDE,
maka terlebih dahulu kita buat Sketsanya. Bagusnya, pada Sketsa ditambahkan
keterangan-keteangan yang dianggap perlu. Setelah dibuat sketsanya, langkaj
berikutnya adalah membuat GUI pada IDE sesuai dengan Sketsa yang dibuat.
Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.
0 komentar
Posting Komentar
Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan