Kamis, 12 November 2015

Dasar Teori Singkat Tentang Python


python by imonius

Python merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dinamis yang dapat digunakan untuk bermacam-macam pengembangan perangkat lunak seperti yang dapat kita lihat pada sumber http://www.python.org/about/apps. Python menyediakan dukungan yang kuat untuk integrasi dengan bahasa pemrograman lain dan alat-alat bantunya. Python hadir dengan pustaka-pustaka standar yang dapat diperluas serta dapat dipelajari hanya dalam beberapa hari. Sudah banyak programmer Python yang menyatakan bahwa mereka mendapatkan produktivitas yang lebih tinggi. Mereka juga merasakan bahwa Python meningkatkan kualitas pengembangan karena kode sumber yang mereka tulis dapat terus dipelihara.
Python dapat berjalan dibanyak platform/sistem operasi seperti Windows, Linux/Unix, Mac OS X, OS/2, Amiga, Palm Handhelds dan telepon genggam Nokia. saat ini Python juga telah di porting kedalam mesin virtual Java dan .NET

Python didistribusikan dibawah lisensi OpenSource yang disetujui OSI (OpenSource Initiatives), sehingga Python bebas digunakan, gratis digunakan, bahkan untuk produk-produk komersil. Yayasan Perangkat Lunak Python – Python Software Foundation (PSF) memegang dan melindungi hak atas kekayaan intelektual dibawah Python, tertuang dalam konferensi PyCon, serta mendanai proyek-proyek pada komunitas Python.

Pengguna Python seringkali menggunakan frasa “batteries included” untuk mendeskripsikan pustaka-pustaka standar. Pustaka tersebut mencakup semua dari pemrosesan tidak singkron kedalam file yang dikompresi. Python sendiri merupakan kumpulan suatu modul-modul yang sangat baik dan dapat menangani secara praktis setiap domain masalah. Kita dapat membuat server web hanya dalam 3 baris kode saja. Kita juga dapat membangun kode sumber untuk data yang dibangun secara fleksibel menggunakan kemampuan Python dalam hal intropeksi kode sumber. Selain itu Python juga memiliki fitur-fitur bahasa pemrograman tingkat lanjut seperti meta-classes, duck typing, dan decorators.

0 komentar

Posting Komentar

Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan