Selasa, 14 Juni 2016

Membaca Input Dari Keyboard Pada Java Beserta Contoh Programnya

Membaca Input Dari Keyboard Pada Java

1.    JoptionPane
                JOptionPane merupakan class yang digunakan sebagai standar dialog box  untuk memberikan informasi kepada pengguna aplikasi. Sebenarnya JOptionPane memiliki banyak method, dan kebayakan method tersebut static method. Berikut ini 4 method dari JOptionPane yang sering digunakan.
1.    showConfirmDialog
2.    showInputDialog
3.    showMessageDialog
4.    showOptionDialog
Untuk parameter dari 4 method tersebut mempunyai pattern yang sama. Dan setiap method tersebut memiliki 4 – 7 varian tergantung dari jumlah parameter setiap method ( kecuali showOptionDialog yang cuma memiliki satu variant) .  Berikut ini beberapa parameter yang digunakan pada 4 method tersebut.
·      parentComponent : mendefinisikan component yang menjadi parent dari dialog box. Jika diisi dengan null, maka secara default Frame akan menjadi parent component.
·      message : merupakan message yang akan ditampilkan dalam dialog box. Message bisa berupa String. Tapi type sebenarnya dari parameter ini adalah Object class.
·      title : merupakan title untuk dialog box
·      initialValue  : merupakan input value
·      messageType : mendefinisikan style dari message. Jenis dari messageType sebagai berikut ERROR_MESSAGE, INFORMATION_MESSAGE, WARNING_MESSAGE, QUESTION_MESSAGE, PLAIN_MESSAGE
·      optionType : mendefinisikan kumpulan button option yang muncul pada dialog box. Nilai dari parameter sebagai berikut. DEFAULT_OPTION, YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION ( Nilai dari variable ini dapat di-customize)

Contoh Program :
/*Penggunaan inputan import javax.swing.JOptionPane
  autor : Lab TI UNIB
  versi : 12 September 2012 */
import javax.swing.JOptionPane;
public class Main4
{
     public static void main(String[] args)
     {
           String nama;
           String npm;
           nama = JOptionPane.showInputDialog("Ketik Nama Anda : ");
           npm = JOptionPane.showInputDialog("Ketik NPM Anda : ");
          
           JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hallo " + nama +"\n" + "NPM anda adalah "+ npm );
          
     }
}

2.    Scanner
Untuk mendapatkan inputan dari pengguna, kita harus meng-import file java.util.Scanner yang dimiliki oleh Java. Pada konsepnya nanti inputan yang dimasukan oleh pengguna dapat terbaca oleh java sesuai dengan tipe data yang sudah diinisialisasi dan untuk sementara waktu akan ditampung dahulu di file temp abstrak, kemudian nanti akan dibaca ulang untuk ditampilkan sesuai dengan method yang dibuat dalam Sub-Class nya. Untuk langsung memahami pemakaian Scanner dalam pemrograman java, kita langsung membuat coding dari awalnya.
Sebuah objek scanner dapat mengurai input yang dimasukkan melalui keyboard atau dari sebuah file. Scanner memisahkan inputnya menjadi menjadi token terpisah (yang biasanya dipisahkan dengan spasi), dan kemudian mengembalikannya pada satu waktu. Scanner menyediakan metode untuk mengubah token menjadi nilai dari tipe yang berbeda.
Kita dapat menggunakan utility scanner dalam dua cara, yaitu :
1. Untuk membaca dari keyboard, menggunakan perintah di bawah ini
Scanner input = new Scanner(System.in);
2. Untuk membaca dari sebuah file, menggunakan perintah di bawah ini
Scanner input = new Scanner(new FileStream(“filename.txt”));


Contoh Program :

/*Penggunaan inputan import java.util.Scanner
  autor : Lab TI UNIB
  versi : 12 September 2012 */
import java.util.*;
public class Main3
{
     public static void main(String[] args)
     {
           Scanner show = new Scanner(System.in);
           System.out.print("Masukan nilai a : ");
           int a = show.nextInt();
           System.out.print("Masukan nilai b : ");
           int b = show.nextInt();
          
           int hasil = a * b;
           System.out.println("Hasil perkalian a x b adalah "+ hasil);
     }
}

3.    DataInputStream
Adalah suatu inputan keyboard. Untuk penggunaan nya kita harus mengimport file java.io.*; yang dimiliki oleh java.

Contoh Program :
/*Latihan Menggunakan konstanta dengan inputan import java.io.*
  autor : Lab TI UNIB
  versi : 12 September 2012 */
import java.io.*;
public class Main5
{
     public static void main(String[] args)
     {
           DataInputStream show = new DataInputStream(System.in);
           try
           {
                final float phi = 3.14f; //nilai phi tidak dapat berubah
                String rad;
                float rads, luas, kel;
                System.out.print("Masukan Nilai Radius : ");
                rad = show.readLine();
                rads = Float.parseFloat(rad);
                luas = phi * rads;
                kel = 2 * phi * rads;
                System.out.println("Hasil Perhitungan");
                System.out.println("Luas Lingkaran :" + luas);
                System.out.println("Keliling Lingkaran :" + kel);
           }
           catch(IOException ioe)
           {
                System.out.println("System error");
           }
     }
}

0 komentar

Posting Komentar

Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan