Kamis, 09 Juni 2016

Mengenali dan Memperbaiki Kesalahan Sintaks Pada Java

imonius sintks java


A. Mengenali Kesalahan Sintaks
Jika Anda membuat kesalahan pada kode program, kompilator akan memberikan pesan error. Akan menghemat waktu dan tenaga kalau kita bisa memahami kesalahan apa yang ditampilkan dan apa maksudnya. Namun sayangnya banyak dari pesan-pesan tersebut yang tidak berguna kecuali informasi mengenai di mana letak kesalahan pertama terjadi.
Satu-satunya pilihan adalah melihat kembali program yang Anda buat dan menemukan sendiri kesalahannya. Pada tutorial ini Anda akan mencoba beberapa kesalahan yang umum pada sebuah program sederhana dan mempelajari pesan-pesan error yang muncul.
1.  Tulislah program berikut (sama persis) dalam sebuah berkas yang diberi nama Halo.java.(Program semacam ini biasa ditulis sebagai program yang pertama dibuat pada suatu bahasa pemrograman)

java ss

Compile program di atas dengan langkah-langkah berikut:
a.       Buka terminal dengan perintah ctrl + alt + t..
b.      Di terminal  masuk ke direktori tempat Anda menyimpan berkas Halo.java.
c.       Ketik perintah:
                                        javac [spasi] Halo.java
Jika perintah di atas sukses, kompilator Java akan membuat berkas Halo.class di direktori yang sama. Jalankan program dengan mengetik perintah:
                                        java [spasi] Halo
Perhatikan apa yang dilakukan program tersebut.
Selanjutnya, ubah programnya seperti berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaan terkait.
2.    Nama class berbeda dengan nama berkas. Ubah nama class menjadi Halox (menjadi public class Halox), simpan programnya, lalu compile ulang. Pesan error apa yang muncul?
3.    Salah ejaan pada string. Betulkan kesalahan di atas, kemudian ubah kata “Halo” pada pesan di atas menjadi “Halox” (yang ada di dalam tanda kutip). Simpan program, lalu compile. Tidak ada pesan errornya bukan? Kenapa? Sekarang jalankan programnya. Apa yang berubah?
4.    Tidak menulis tanda akhir kutipan pada string. Betulkan kesalahan di nomor 3dan sekaranghapus tanda kutip di akhir string Halo! Apa kabar dunia?. Simpan programnya dan compile lagi. Pesan error apa yang Anda terima?
5.    Tidak menulis tanda awal kutipan pada string. Kembalikan tanda akhir kutipan tadi dan sekarang hapus tanda awal kutipan. Simpan dan compile lagi. Berapa banyak pesan errornya sekarang? Ada banyak, meskipun sebenarnya kesalahannya hanya satu. Jika Anda mendapat banyak pesan error, konsentrasilah selalu pada error yang pertama!! Seringkali dengan membetulkan yang pertama yang lain sisanya akan teratasi. Nanti setelah anda belajar mengenai variabel, pesan-pesan yang muncul tersebut akan lebih dipahami.
6.    Tidak menulis tanda titik koma setelah statement.Betulkan kesalahan sebelumnya.Sekarang hilangkan tanda titik koma di akhir statement (System.out.println…dst).Simpan programnya dan compile. Pesan error apa yang Anda terima?

B. Memperbaiki Kesalahan Sintaks
Unduh berkas Problems.java di Scele. Berkas tersebut berisi sebuah program Java sederhana yang mengandung kesalahan-kesalahan sintaks. Simpan program tersebut, pelajari, dan betulkan kesalahan-kesalahan nya sebanyak mungkin yang bisa Anda temukan. Kemudian compile programnya; kalau masih ada pesan error, betulkan kesalahannya.Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • ·      Java adalah bahasa pemrograman yang case sensitive, sebagai contoh public, Public, PUBLIC adalah pengenal yang berbeda. Untuk beberapa kata-kata yang sudah digunakan oleh Java seperti public dan void atau pengenal yang sudah didefinisikan sebelumnya seperti String dan System, Anda harus menuliskan besar kecil hurufnya dengan benar.
  • ·      Jika kompilator memberikan banyak pesan error, selesaikan dulu kesalahan yang teratas kemudian compile lagi – seringkali error-error yang lain sebenarnya bukan kesalahan tapi kompilatornya dibuat bingung dengan kesalahan-kesalahan yang muncul sebelumnya.
  • ·      Baca dengan seksama pesan-pesan error yang muncul, dan perhatikan nomor baris yang ditunjuk. Seringkali pesan-pesan error berguna buat programmer, kalaupun tidak, nomor baris yang ditunjukkan biasanya tetap berguna.
  • ·      Jika kompilasinya sudah bersih, jalankan programnya.

1 komentar:

  1. https://imonius.blogspot.co.id/2016/06/mengenali-dan-memperbaiki-kesalahan.html

    BalasHapus

Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan