Minggu, 12 Juni 2016

Inisialisasi dan Jenis Variabel Pada Java

inisialisasi dan jenis variabel pada java

Variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Benda atau sesuatu yang tersimpan di dalam variabel dinamakan nilai. Nilai dalam suatu variabel dapat berubah selama berjalannya program. Nilai yang tersimpan dalam suatu variabel tidak harus berupa bilangan. Kita dapat membuat variabel yang dapat menyimpan huruf. Jenis nilai yang tersimpan dalam variabel merupakan tipe variabel.

Cara deklarasikan variabel :

                    nama_tipe nama_variabel;

Selain di deklarasikan, variable kadangkala perlu diberikan nilai awal atau inisialisasi dengan suatu konstanta. Pada contoh di atas dalam main () terjadi inisialisasi bil = 20 dan num = 25.
Inisialisasi juga dapat dilakukan bersamaan dengan deklarasi. Misalkan :
                   
                    int num = 25, test = 4 ;

Untuk mendeklarasikan  suatu nilai yang konstan ke dalam suatu variable dapat dilakukan sebagai berikut:

                    final float pi = 3.141592654 ;

selanjutnya nilai pi dalam program tak dapat di ubah, Pi disebut konstanta yaitu suatu nilai yang tidak berubah selama proses program.

Jenis-jenis Variabel
Java memiliki beberapa jenis variabel yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
·      Instance Variables (tidak statis). Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
·      Class Variables (statis). Variabel ini merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang dapat menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh semua objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek pada kelas yang bersangkutan.
·      Local Variables. Variabel ini didefinisikan di dalam suatu metoda (method) atau dalam suatu prosedur. Variabel ini bersifat lokal karena hanya dapat diakses oleh metoda atau prosedur tersebut.

·      Parameter. Paramater atau argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metoda atau prosedur dipanggil. Parameter berguna untuk memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau metoda.

0 komentar

Posting Komentar

Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan