Jumat, 15 April 2016

Kumpulan Plugin Notepad++ Yang Wajib Dimiliki Bagi Programmer

imonius plugin npp

Sebelumnya Imonius sudah bahas seperti apa aplikasi Notepad++ ini, dan kali ini Imonius akan membagikan beberapa plugin-plugin yang wajib dimiliki oleh seorang programmer untuk mempermudah pekerjaannya.


1. Explorer
Plugin yang berfungsi untuk menampilkan daftar file dan folder pada komputer kita, jadi anda tidak lagi harus membuka file lewat jendela open dialog.

2. NppFTP
Plugin ini bermanfaat bagi programmer yang suka mengedit file yang berada di dalam server FTP, Plugin ini dapat melakukan pekerjaan seperti aplikasi FTP client misalinya transfer file dari local ke remote atau sebaliknya, mengubah file/direktori pada komputer remote,

3. Autosave
Plugin ini untuk menyimpan file secara otomatis setiap periode tertentu. Plugin ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering lupa untuk menyimpan atau menekan tombol CTRL+S. Anda bisa mengatur waktunya di menu Plugin->Autosave -Option.

4. Compare
Plugin ini berfungsi untuk membandingkan file yang sedang anda edit dengan isi file yang terakhir kali disimpan. Sangat bagus untuk melacak perubahan isi file.

5. JSLINT
Plugin ini bermanfaat bagi yang suka mengutak-atik Javascript. Plugin ini berfungsi untuk mengecek validitas dan menjaga kualitas kode javascript, JsLint kita gunakan untuk memeriksa sebuah dokumen/kode Javascript sehingga akan ditampilkan berbagai informasi bermanfaat untuk membuat kode menjadi lebih baik.

6.NppExport
Berguna untuk meng export file ke format RTF atau HTML.

7.Falling Bricks
Dan plugin yang terakhir yang Imonius sarankan adalah Falling Bricks, plugin ini sebenarnya tidak ada hubunganya dengan proses pengkodingan. Plugin ini sejatinya adalah sebuah game tetris sederhana yang bisa membantu programmer mengusir kebosanan ataupun kepenatan setelah membuat kode program yang rumit dan menjemukan. haha


Anda bisa menambahkan plugin-plugin ini langsung di dalam aplikasi Notepad++ nya melalui menu Plugin yang berada di tab atas, lalu pilih Plugin Manager. Ceklis plugin yang dipilih lalu klik Install.

0 komentar

Posting Komentar

Kritik dan Saran Anda sangat kami perlukan